Teknik Dasar Service Bola Voli

Permainan Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain.

Olahraga Bola Voli ini dinaungi oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia, olahraga bola Voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Permainan ini juga bisa dimainkan di lapangan indoor maupun outdoor dengan ukurannya yaitu 18 x 9 Meter dengan tingg net untuk putra yaitu 2.43 meter dan putri 2,24 meter.

Olahraga ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). Dan kemudian berkembang pesar sampai sekarang ini. Sebelum mempelajari beberapa teknik bola voli untuk menjadi profesional sebaiknya kita harus mempelajari beberapa teknik dasar bola voli.

Teknik Dasar Bola Voli

Teknik dasar bola voli itu sendiri terbagi menjadi 4 yaitu Block, Service, Smash atau Spike dan yang terakhir Passing. Keepat teknik itu semua harus dikuasai oleh semua pemain bola voli baik pemula maupun profesional. Yang nantinya akan ada yang lebih ditonjolkan sesuai dengan karakternya, semisal jika kita harus dalam salah satu teknik dasar tersebut seperti memberi umpan atau passing kepada pemain yang akan melakukan smash. Berikut ada beberapa penjelasan dari masing masing gerakan tersebut.

Teknik Dasar Servise

Teknik dasar service bola voli adalah pukulan service voli yang dilakukan dari garis belakang lapangan permainan, hingga melambung ke atas net dan mendarat didalam pertahanan daerah lawan. Teknik service bola voli itu sendiri dilakukan pada awal permainan dan pada saat terjadi penambahan poin atau terjadi pelanggaran pada permainan.

Teknik dasar service bola voli dalam permainan bola voli memiliki 4 macam yaitu, service voli bawah, service voli mangapung atau floating overhead, Hook Service dan yang terakhir jump service atau jumping service.

Teknik Service bawah.

Service Bawah Bola Voli
Service Bawah Bola Voli

Teknik service bawah ini biasanya dilakukan oleh para pemula karena teknik ini adalah teknik dimana dasar dan mudah yang harus dikuasai oleh pemain pemula dan umumnya dilakukan.

Ada beberapa teknik service bawah yang harus dilakukan supaya bisa melakukan dengan benar service bawah.

  • Peganglah bola dengan tangan kiri sejajar dengan pinggang, jika kalian kidal ataupun sering menggunakan tangan kanan maka lakukan dengan kebalikan
  • Bungkukkan bada sedikit supaya gerakan yang dihasilkan lebih maksimal
  • Ayungkan tangan kanan atau kiri untuk memukul bola dengan tangan yang mengepal ataupun membuka, usahakan lakukan sekuat tenaga.

Teknik ini memang terlihat mudah tetepi jika dipraktekan akan terlihat sulit karena kita harus bisa mengarahkan bola sesuai keinginan kita dan tentunya melewati net lawan. Latihlah dengan rutin melakukan service bawah karena semakin sering semakin bisa melakukan.

Baca Juga : Pengertian, Teori Serta Tujuan Penjaskes Penjasorkes

Teknik Service Mengapung

Service Bola Voli
Service Bola Voli

Teknik service mengapung atau juga disebut floating overhead service adalah teknik dimana bola yang melambung tidak berputar sehingga terlihat mengapung atau mengambang ke udara.

Berikut beberapa cara melakukan teknik service mengapung atau floating.

  • Berdiri menghadap lapangan permainan
  • Usahakan posisi kedua kaki sejajar dengan bahu
  • Lambungkan bola diatas kepala (Usahakan lebih tinggi dari kepala) supaya saat melakukan pukulan bisa maksimal
  • Pukulah bola dibagia tengah belakang pada bola

Hook Service

Service Bola Voli
Service Bola Voli

Pemain harus pandai mengkombinasikan kekuatan dan gerakan. Kekuatan dan lancarnya pergerakan inilah yang mempunyai ciri khas dari jenis hook service. Dalam pelaksanaannya, bola diberi spin yang kuat sekali. Servis ini merupakan salah satu servis penyerang yang paling hebat dan mematikan. Berikut cara untuk melakukan hook service.

  • Genggam bola didepan badan dengan menggunakan tangan kiri
  • Lemparkan bola ke atas dan berikan simpangan terjauh bagian tangan kanan dan lekukkan kaki kiri sedikit.
  • Pukulkan bola dengan menggunakan ayunan melingkar dari tangan kanan saat posisi sudah tepat dan jadikan kaki kiri sebagai tumpuan berat badan.

Dari cara tersebut sekilas seperti melakukan floating service tetapi perbedaannya terletak pada saat pemolesan bola. Karena pada floating service gerakan bolanya diam tidak boleh berputar sedangkan pada hook service memanfaatkan putaran bola agar mendapatkan service yang dapa menukik atau berbelok

Jumping Service Bola Voli

Service Bola Voli
Service Bola Voli

Jumping service atau juga bisa disebut jump service yaitu teknik melakukan service tersulit karena harus bisa mengambil ketepatan saat memukul bola supaya pada saat melakukan lompatan bola bisa dipukul secara tepat.

Baca Juga : Beberapa Cabang Olahraga Lari Dalam Olah Raga Atletik

Selain teknik tentunya juga pemain harus selalu melatih ini karena dalam melakukan service ini sangat sulit untuk dilakukan. Makanya semakin kita sering melakukan service ini semakin bagus cara melakukannya. Keunggulan service ini adalah sulit untuk dibendung lawan karena tingkat kecepatan bola lebih keras dibanding dengan service yang lain. Berikut cara melakukan hook service.

  • Usahakan berdiri agak jauh dari belakang garis lapangan
  • Pegang bola dengan menggunakan kedua tangan.
  • Lambungkanlah bola kira-kira tingginya 3 meter dari tanah
  • Jika merasa mendapat saat yang tepat rendahkan badan dan tekuk lutut supaya untuk bersiap melompat setinggi-tingginya.
  • Pukul bola layaknya melakukan smash dengan menekuk pergelangan tangan agar menciptakan pukulan topspin

gerakan ini tidak dapat dikuasai secara waktu singkat karena kita harus sering berlatih dan juga harus memiliki tingkat ketepatan yang tentunya dari kita latihan supaya bisa menguasai teknik ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *