Olahraga Peninggi Badan

Penjaskes.org – Memiliki tubuh ideal dan tinggi itu impian bagi banyak orang tidak terkecuali laki-laki dan perempuan terutama yang ingin menjalani profesi pekerjaan atau karir yang mengharuskan untuk syarat tinggi badan, contoh bagi perempuan Pramugari.

Terlepas banyaknya mitos ataupun fakta mengenai olahraga peninggi badan, ternyata dari segala aspek olahraga peninggi badan memang benar adanya. Apalagi ditunjang dengan suplemen yang bisa membantu tubuhmu bertambah tinggi.

Adapun ada beberapa aspek yang perlu diketahui untuk olahraga peninggi badan sendiri, berikut ini 4 gerakan olahraga peninggi badan dan sudah terbukti efektif untuk dilakukan.

1. Bergelantungan (Hanging Exercise)

Olahraga Peninggi Badan
Olahraga Peninggi Badan

Metode latihan ini sebenarnya paling efektif dan sederhana untuk olahraga peninggi badan, karena olahraga ini yaitu melawan gaya gravitasi dan menarik bagian-bagian dari tubuhmu sehingga berat tubuh meregangkan tulang belakang serta mengurangi tekanan pada tulang belakang.

Berikut cara melakukan gerakan yang Bergelantungan atau Hanging Exercise pada besi ataupun alat yang digunakan.
a. Gantungkan tubuh anda dengan memegang tihang yang membentang
b. Angkat kedua kaki lurus kedepan tahan beberapa detik
c. Angkat keatas kaki anda tahan beberapa detik seperti gambar diatas, lalu kembali keposisi semula

Coba lakukan olahraga ini bergelantungan setidaknya selama 20 detik dengan pengulangan 3 repetisi. Jangan lupa tingkatkan intensitasnya dari hari ke hari

2. Olahraga Peninggi Badan Yaitu Renang

Olahraga ini memang salah satu jenis olahraga yang sangat baik dan efektif untuk dilakukan karena jenis olahraga ini sendiri mampu menggerakan seluruh bagian otot-otot tubuh secara teratur.

Perlu diingat juga olahraga renang juga mampu dan bisa juga dikatakan olahraga peninggi badan, karena metode renang sangat efektif untuk membentuk badan ideal dan juga tinggi badan.

Baca Juga : Kliping Tenis Meja atau Pingpong

Bagaimana bisa olahraga air atau berenang dapat meninggkatkan tinggi badan? Sederhananya saja yaitu ketika berenang anda akan menggerakkan seluruh bagian otot tubuh anda. Dan olahraga ini juga mampu melancarkan peredaran darah serta menstabilkan denyut jantung dan tentunya juga meningkatkan tinggi badan.

3. Olahraga Peninggi Badan Bola Basket

Olahraga Peninggi Badan
Olahraga Peninggi Badan

Olahraga satu ini memang mampu meningkatkan tinggi badan seseorang apabila dilakukan secara teratur, karena jenis olahraga ini sering melakukan gerakan melompat sepertihalnya olahraga bola voli dan badminton sehinga dapat bermaanfaat untuk kekuatan dan merangsang pertumbuhan tulang.

Tak hanya itu juga olahraga basket sendiri merupakan olahraga aktivatas geraknya sangat cepat dan tentunya sering melakukan aktivitas gerak lompat.

Dalam olahraga basket sendiri, gerakan melompat mamang sangat diperlukan karena untuk memasukan bola ke dalam ring, sementara dari lompatan itu merangsang pertumbuhan tulang secara cepat.

4. Bola Voli

Tak hanya bola basket, olahraga ini juga mampu menignkatkan tinggi badan seseorang apabila dilakukan secara teratur. Olahraga jenis ini seluruh aktivitasnya yaitu melompat karena sebagian besar permainan ini yaitu lompatan hanya saja gerakan passing bawah yang tidak melompat.

Teknik olahraga ini juga sebagian menggunakan lompatan maka dari ini olahraga ini mampu membuat untuk peninggi badan tentunnya.

5. Lari

Olahraga satu ini memang dikenal murah meriah apalagi begitu banyak manfaat yang kita dapatkan melakukan olahraga ini. Salah satunya membantu proses pertumbuhan badan atau olahraga peninggi badan.

Ternyata lari dapat merangsang pertumbuhan tulang dengan baik terutama dalam masa pertumbuhan. Apabila dilakukan secara teratur.

Anda dapat melakukan jenis olahraga ini secara rutin dan teratur minimal selama 30 menit setiap harinya. Sedangkan bagi orang dewasa sebaiknya dengan meminum suplemen atau mengkonsumsi suplemen peninggi badan agar mendapatkan hasil yang optimal.

Terkait masalah olahraga peninggi badan diatas, tak lepas juga perlu diperhatikan juga faktor yang menyebabkan atau mempengaruhi tinggi badan, diantaranya

a. Faktor Keturunan (Genetik)
Faktor keturunan atau faktor genetik merupakan salah satu faktor yang paling utama penyebab masalah tinggi badan, sehingga masalah tinggi badan dapat diprediksi berdasarkan keturunan seseorang atau disebut dengan HMGA2.

b. Kurangnya asupan nutrisi yang cukup
Tubuh yang mengalami kekurangan nutrisi terutama kalsium, maka hal ini dapat mengganggu pertumbuhan seseorang. Nutrisi yang baik untuk dipenuhi selain kalsium yaitu protein, kedua kandungan nutrisi tersebut sangat baik dan berkhasiat untuk mempercepat masa pertumbuhan tulang.

c. Kurangnya berolahraga
Olahraga merupakan salah satu kebutuhan tubuh, karena dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur sangat baik untuk kesehatan dan tentunya baik untuk masa pertumbuhan. Seseorang yang rajin berolahraga tentunya akan memiliki tubuh yang sehat, bugar dan tinggi badan yang ideal.

Harus dipahami juga bahwa masa pertambahan tinggi badan manusia yang pesat terjadi pada usia muda. Pertumbuhan manusia mengalami masa-masa tercepat adalah sejak dia lahir hingga mencapai usia sekitar dua tahun. Setelah itu, kecepatan pertumbuhan mengalami perlambatan secara perlahan-lahan.

Titik puncak pertumbuhan tinggi badan sendiri berada pada masa puber. Bagi lelaki, masa puber sekaligus pertumbuhan tinggi badan yang cepat terjadi pada usia sekitar 13-14 tahun. Sementara bagi perempuan, masa-masa ideal tersebut berada pada rentang usia 11-12 tahun. Pada usia ini, anak lelaki biasanya tumbuh sekitar 10 cm per tahun. Sedangkan pada anak perempuan pertumbuhan berkisar 7 cm per tahun. Setelah masa ini, pertumbuhan kembali berkurang dan akan menapaki angka 0 pada usia tertentu.

Pada laki-laki, terhentinya masa pertumbuhan fisik biasanya terjadi pada usia 18-20 tahun. Sedangkan pada kaum hawa, terhentinya pertumbuhan tinggi badan terjadi pada kisaran usia 15-16 tahun. Tentu saja, faktor-faktor seperti gizi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan ikut menyumbangkan peranan penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *