Pengertian Kebugaran Jasmani serta Tujuan dan Fungsinya

Daya Tahan

Penjaskes.org – Tingkat kebugaran setiap individu satu tentu berbeda dengan individu yang lain. Perbedaan tingkat kebugaran seseorang bergantung dari beberapa faktor. Menurut Suharjana, mengemukakan pendapatnya bahwa dipengaruhi oleh 4 faktor, diantaranya:

Umur – Umur memang faktor utama yang mempengaruhi kebugaran jasmani dari tiap individu. Bagi seseorang yang memang menyukai olahraga, mereka pasti sangat terganggu dengan faktor umur yang mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang. Begitu juga dengan kita, kita tidak dapat menghindari pertambahan umur. Maka dari itu kita harus menerima bahwa tingkat kebugaan jasmani akan menurun seiring bertambahnya usia.

Jenis kelamin – Sudah banyak diketahui bahwa jenis kelamin juga menentukan tingkat kebugaran jasmani tiap individu. Seorang laki-laki tentu memiliki tingkat kebugaran jasmani yang lebih baik dibanding perempuan. Perempuan lebih mudah lelah dalam melakukan aktifitas atau olahraga daripada laki-laki.

Makanan – Faktor selanjutnya yang mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani seseorang. Sebagai generasi yang hidup di masa sekarang yang lebih maju dan serba instan saat ini, kita harus pintar dan bijak dalam menentukan makanan yang nantinya akan memberikan manfaat baik pada tubuh kita. Tentu makanan bergizi akan membuat badan kita bugar dan sehat serta siap untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Tidur dan istirahat – Jangan anggap remeh kegiatan satu ini. Tidur dan istirahat sangat penting bagi kita, apalagi setelah seharian bekerja dan energi tubuh terkuras. Selain fisik terkuras mental Anda juga terkuras. Untuk itu Anda pasti butuh yang namanya tidur dan istirahat. Pada saat tidur maka tubuh akan membangun kembali otot-otot yang sudah bekerja dari pagi hingga sore hari. Oleh karena itu istirahat yang cukup juga penting agar Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga : Beberapa Cabang Olahraga Lari Dalam Olah Raga Atletik

Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai kebugaran jasmani yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, sejarah, manfaat, fungsi, tujuan, konsep dan unsur.

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan. Maksudnya masih punya tenaga cadangan dan selalu bersemangat untuk melakukan aktivitas yang lainnya. Faktor yang memengaruhi kebugaran jasmani seseorang yakni makanan bergizi, kebiasaan hidup sehat, aktivitas jasmani yang dilakukan secara teratur dan pola istirahat yang cukup.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Berikut ini merupakan manfaat yang diperoleh dari kebugaran jasmani yang diantaranya yaitu:

  • Meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung.
  • Meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh sehingga tubuh
  • menjadi lebih energik.
  • Memiliki kemampuan pemulihan organ-organ tubuh secara tepat setelah latihan.
  • Memiliki respon tubuh yang tepat.
  • Mengurangi risiko obesitas.
  • Mencegah penyakit jantung.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Mengatasi depresi.
  • Terhindar dari osteoporosis “tulang keropos”.

Fungsi Dan Tujuan Kebugaran Jasmani

kebugaran jasmaniUntuk meningkatkan kebugaran jasmani harus melakukan latihan yang teratur. Kurangnya daya tahan kelenturan persendian, kekuatan dan kelincahan menyebabkan kondisi fisik seseorang tidak sempurna. Adapun fungsi dan tujuan kebugaran jasmani yang diantaranya yaitu:

  • Meningkatnya sistem sirkulasi darah, sistem saraf dan fungsi jantung.
  • Meningkatnya komponen kelenturan, stamina dasn kecepatan.
  • Mempercepat pemulihan fungsi organ tubuh setelah berlatih atau bahkan pada kondisi-kondisi tertentu misalnya ibu hamil, orang tua dan pemulihan setelah sakit.
  • Bagi olahragawan derjat kebugaran jasmani yang tinggi berfungsi untuk meningkatkan prestasi.
  • Merangsang perkembangan dan pertumbuhan bagi balita dan anak-anak.

Selain dipengaruhi oleh beberapa faktor, kebugaran jasmani juga memiliki tujuan dan fungsi. Berikut ini tujuan dan fungsi latihan kebugaran jasmani selain yang diatas.

1. Melenturkan Sendi

SendiSalah satu tujuan dan manfaat dari latihan kebugaran jasmani secara rutin adalah melenturkan sendi. Dengan latihan yang rutin maka otot-otot tubuh dan anggota gerak tentu menjadi lentur. Bentuk latihan kelenturan otot ini dapat dilakukan dengan senam lantai. Gerakan senam lantai dapat berupa roll depan, roll belakang, kayang, split, lompat harimau atau melakukan gerakan dari kepala hingga ke kaki. Jika sendi-sendi Anda lentur, maka manfaatnya juga besar bagi tubuh. Hal ini juga akan meminimalkan terjadinya cidera. Misalnya ketika tiba-tiba Anda terjatuh atau terbentur sesuatu. Aktivitas sehari-hari akan lebih mudah dijalankan oleh tubuh tanpa adanya gangguan atau kaku oto jika sendi lebih lentur.

2. Memperkuat Tulang

Manfaat lain dari kebugaran jasmani adalah memperkuat tulang. Jika Anda melatih tubuh untuk melakukan gerakan-gerakan kebugaran jasmani, maka tulang pun menjadi kuat sehingga dapat membawa beban tanpa menemukan kesulitan yang berarti, Anda juga akan terhindar dari pengeroposan tulang, dan meminimalkan adanya patah tulang ketika terjatuh. Jalan kaki, lari, bersepeda, angkat beban dan senam adalah beberapa latihan yang bermanfaat untuk menguatkan tulang antara lain.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya TahanSelain dua manfat yang disebutkan sebelumnya, jika Anda rutin melakukan olahraga untuk meningkatkan kebugaran jasmani, maka daya tahan tubuh juga semakin kuat. Metabolisme Anda juga semakin lancar dan sistem imun juga akan meningkat. Konsdisi ini akan membuat Anda terhindar dari penyakit, baik penyakit menular ataupun tidak menular. Kebugaran jasmani juga dapat membuat wajah Anda terlihat sehat, segar dan cerah.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat lain yang didapatkan ketika melakukan olahraga kebugaran jasmani adalah melancarkan peredaran darah. Organ penting Anda, jantung, adalah pusat dari kehidupan sebab jantung adalah mesin utama untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin, maka kinerja jantung juga akan optimal dalam memompa darah ke seluruh tubuh, otot jantung juga akan kuat, dan aliran darah dalam pembuluh darah akan semakin lancar. Sehingga Anda akan terhindar dari penyakit stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung. Latihan yang dapat Anda lakukan adalah treadmill, senam aerobik dan lainnya.

5. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat lain yang Anda dapatkan jika melakukan olahraga kebugaran jasmani dengan rutin setiap harinya adalah dapat meningkatkan kecerdasan. Jika fisik Anda bugar, maka tentu kinerja otak Anda akan dapat bekerja secara optimal. Dengan ini maka konsentrasi Anda akan menjadi lebih baik, Anda juga tidak mudah lupa, cepat ketika merespon sesuatu dan memiliki daya pikir yang cerdas cemerlang. Agar tingkat kecerdasan Anda meningkat maka Anda dapat memilih latihan kebugaran jasmani yang memadukan fisik dan fungsi koordinasi dari otak.

Latihan kebugaran jasmani yang dapat Anda lakukan adalah menendang bola ke arah gawang, melempar bola basket ke dalam keranjang, memukul bola kasti dengan tongkat, memukul bola tenis dengan raket dengan tembok atau dengan teman, bermain bulu tangkis, melakukan gerakan tertentu setelah aba-aba, dan berbagai latihan yang dapat melatih saraf motorik otak Anda.

6. Meredakan Stres

Sudah banyak diketahui bahwa jika Anda melakukan olahraga secara teratur maka Anda juga dapat mengurangi atau meredakan stress. Banyak juga yang sudah tahu bahwa stress dan pikiran adalah sumber segala penyakit. Jika Anda berolahraga secara rutin maka Anda akan lebih rileks, lebih nyaman, dan beban pikiran Anda akan berkurang. Anda dapat melakukan olahraga ringan dan sederhana seperti jalan kaki setiap pagi sambil menikmati segarnya udara pagi, lari lintas alam, bersepeda santai, berenang ataupun olahraga lainnya yang memang Anda sukai.

7. Mencegah Obesitas

Olahraga secara teratur juga dapat menghindarkan Anda dari obesitas. Sudah banyak diketahui bahwa obesitas adalah penyebab berbagai penyakit. Penyakit ini cukup berbahaya seperti darah tinggi, kencing manis, penyakit jantung dan penyakit stroke. Selain itu obesitas juga dapat mengganggu aktivitas atau kegiatan Anda sehari-hari. Obesitas juga dapat mengurangi rasa percaya diri Anda. Dengan melakukan latihan atau olahraga untuk meningkatkan kebugaran jasmani secara teratur, maka kelebihan lemak di tubuh Anda dapat terbakar sekaligus metabolisme Anda akan lebih lancar dari sebelumnya sehingga obesitas pun dapat dihindari. Memiliki tubuh yang ideal tentu harapan dari semua orang. Maka dari itu buat harapan Anda menjadi kenyataan dan lakukan olahraga kebugaran mulai dari sekarang.

Konsep Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani tidak hanya menggambarkan kesehatan, akan tetapi lebih merupakan cara mengukur individu melakukan kegiatannya sehari-hari. Nah tiga hal yang penting dalam kebugaran jasmani yaitu:

  • Fisik berhubungan dengan otot, tulang dan bagian lemak.
  • Fungsi organ berhubungan dengan efisiensi sistem jantung, pembuluh darah dan paru-paru “pernafasan”.
  • Respon otot berhubungan dengan kecepatan, kelenturan, kelemahan dan kekuatan.

Dalam hal kebugaran jasmani yang dibutuhkan oleh setiap orang berbeda-beda, tergantung sifat tantangan fisik yang dihadapi.

Ada berbagai macam latihan kebugaran jasmani yang dapat Anda lakukan seperti berjalan, berlari, push up, sit up, back up, angkat beban, senam aerobik, bersepeda, renang, treadmill, senam lantai, meloncat, membidik sasaran, mengkombinasikan berbagai gerakan, dan sebagainya. Agar Anda benar-benar mendapatkan manfaat dari kebugaran jasmani, maka Anda jangan melakukan sekali saja. Lakukanlah secara rutin setiap harinya, selain itu perhatikan juga asupan nutrisi yang Anda konsumsi. Makanlah makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur dan buah, hindari rokok dan alkohol, hindari juga begadang bila tidak perlu. Selalu perhatikan jam istirahat Anda.

Demikianlah artikel mengenai tujuan dan fungsi latihan kebugaran jasmani yang perlu dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagia Anda. Selamat beraktivitas dan salam olahraga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *