Definisi Ilmu Kesehatan Lingkungan

Definisi Kesehatan Lingkungan

Penjaskes.org – Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu bangsa semakin rendah angka kelahirnya, tetapi semakin tinggi kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Hubungan kesehatan seseorang dengan lingkungan hidup dikemukakan oleh Perkins, bahwa sehat dan tidaknya seseorang tergantung sekali pada ada atau tidaknya proses hubungan timbal balik yang dinamis antara 3 faktor yaitu Faktor lingkungan (Environment), Tuan rumah (host) dan Bibit penyakit (Agent)

Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental,spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap oranguntuk hidup produktif secara sosial dan ekonomisĀ“(Pasal 1 butir 1 UU No. 36 Tahun 2009)

Lingkungan mempunyai tiga fungsi demi memenuhi kebutuhan hidup manusia, yaitu

Pertama, memberikan ruang untuk hidup, manusia dapat bertempat tinggal dan melakukan fungsi hidupnya.
Kedua, lingkungan merupakan sumberdaya baik hayati maupun non hayati yang bersifat bersifat terbaharui.
Ketiga, lingkungan juga memberikan pelayanan pada manusia agar tetap mendukung kehidupan manusia.

Definisi Kesehatan LingkunganLingkungan hidup manusia pada dasarnya terdiri dari dua bagian, internal dan eksternal. Lingkungan hidup internal merupakan suatu keadaan yang dinamis dan seimbang yang disebut homeostatis, sedangkan lingkungan hidup eksternal merupakan lingkungan di luar tubuh manusia.

Definisi Kesehatan Lingkungan atau Ilmu Kesehatan Lingkungan

1. Menurut WHO (World Health Organization)
Kesehatan lingkungan adalah suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia.

2. Menurut HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia)
Kesehatan lingkungan adalah suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia.

3. Prof.Dr. Umar Fahmi Achmadi, MPH, Ph.D
Kesehatan lingkungan adalah ilmu yang mempelajari dinamika hubungan interaktif antara kelompok penduduk atau masyarakatdengan segala macam perubahan komponen lingkungan hidup seperti berbagai spesies kehidupan, bahan, zat atau kekuatan di sekitar manusia, yang menimbulkan ancaman atau berpotensi menimbulkan ganggua terhadap kesehatan masyarakat serta mencari upaya-upaya pencegahannya.

4. Menurut dr. Azrul Azwar, MPH
Ilmu Kesehatan lingkungan merupakan bagian ilmu dari kesehatan masyarakat yang menitikberatkan perhatiannya pada perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, pengkoordinasian dan penialaian dari semua faktor yang ada pada lingkungan fisik manusia yang diperkirakan ada hubungan atau berhubungan dengan perkembangan fisik, kesehatan ataupun kelangsungan hidup manusia, sedemikian rupa sehingga derajat kesehatan dapat lebih ditingkatkan.

5. Menurut Slamet Riyadi
Ilmu Kesehatan Lingkungan adalah bagian integral dari ilmu kesehatan masyarakat yang khusus mempelajari dan menangani hubungan manusia dengan lingkungannya dalam keseimbangan ekologi dengan tujuan membina dan meningkatkan derajat kesehatan maupun kehidupan sehat yang optimal.

6. Menurut H.J. Mukono
Ilmu Kesehatan Lingkungan merupakan ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara faktor kesehatan dan faktor lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *