Cara melakukan sit up dengan baik dan benar

1. Lakukan peregangan dan pemanasan. Olahraga apapun perlu peregangan dan pemanasan untuk mengurangi resiko cedera. Regangkan sendi-sendi serta lakukan beberapa gerakan pemanasan untuk meningkatkan suhu tubuh.

2. Berbaringlah telentang sambil menekuk kedua lutut. Gerakan sit up sangat bermanfaat jika dilakukan di atas permukaan yang empuk, misalnya matras olahraga. Tekuk kedua lutut 90° lalu jejakkan telapak kaki di lantai. Gerakan sit up akan terasa lebih nyaman jika dilakukan di atas matras olahraga.

3. Sentuhkan ujung jari tangan di belakang telinga. Tekuk siku lalu arahkan ke samping. Alih-alih memegang kepala bagian belakang, sentuh belakang telinga dengan ujung jari tangan supaya otot leher tidak teregang secara berlebihan karena Anda akan menarik kepala ke depan saat melakukan sit up. Anda boleh menyilangkan kedua lengan di depan dada atau meluruskan kedua lengan di sisi tubuh tanpa menyentuh lantai.

4. Bangunkan tubuh dari lantai lalu dekatkan dada ke paha. Lakukan latihan ini dengan gerakan mengalir yang terkendali sambil tetap menjejakkan telapak kaki di lantai. Saat mengangkat tubuh dari lantai, pastikan punggung bawah juga terangkat dari lantai.

5 Turunkan lagi tubuh ke lantai ke posisi semula. Sama seperti ketika Anda membangunkan tubuh agar mendekat ke paha, bergeraklah mengalir dan terkendali sampai kembali berbaring di lantai. Setelah kembali ke posisi semula, lakukan gerakan yang sama jika ingin terus berlatih

Lakukan sit up 3 set masing-masing 10-15 kali. Selesai 1 set, beristirahatlah lebih kurang 1 menit. Jika Anda belum bisa melakukan sit up dengan gerakan yang benar, lakukan sedikit demi sedikit sampai tubuh Anda lebih kuat.  Jika 3 set masih terlalu berat, lakukan 2 set dahulu sampai Anda mampu berlatih lebih banyak.  Untuk meningkatkan intensitas latihan, lakukan gerakan untuk melatih otot perut yang lebih dalam, misalnya postur dead bug atau postur papan.

Pembahasan :

Sit up salah satu latihan otot perut yang sudah ada sejak dahulu. Biasanya para pemula sudah sangat familiar dengan push up dan sit up walaupun mereka melakukan gerakan dengan kurang sempurna. Sit up merupakan gerakan yang sangat efektif untuk menguatkan dan membentuk otot perut baik otot perut bagian atas, tengah, dan bawah. Gerakan ini tidak membutuhkan alat apapun sehingga sangat mudah dan murah.

sit up sangat bermanfaat untuk menguatkan dan membentuk otot perut jika dilakukan secara benar dan secara teratur. Lebih sering berlatih dengan gerakan yang benar akan benar-benar sangat membantu dalam membentuk otot perut impian.

Hindari hal-hal berikut jika melakukan sit up :

  • Jangan membangunkan tubuh sambil menarik leher ke depan. Saat melakukan sit up, hilangkan kebiasaan menarik leher untuk mendekatkan tubuh ke paha. Cara ini bisa menimbulkan ketegangan otot leher dan meningkatkan risiko cedera. Gunakan otot perut untuk mengangkat tubuh dari lantai saat melakukan sit up.
  • Jangan menjatuhkan tubuh ke lantai setelah selesai melakukan sit up. Jika tubuh dijatuhkan ke lantai saat kembali berbaring, Anda menyia-nyiakan kesempatan melatih otot perut secara maksimal. Sama seperti ketika Anda bergerak naik saat mulai melakukan sit up, turunkan tubuh ke lantai perlahan-lahan dengan gerakan terkendali.
  • Jangan memasang beban di kaki saat berlatih sit up. Walaupun beban yang terpasang di kaki membuat latihan terasa lebih ringan, cara ini sangat merugikan, alih-alih bermanfaat. Beban di kaki membuat Anda lebih banyak menggunakan otot fleksor pinggul sehingga menimbulkan nyeri punggung dan ketegangan otot di seluruh tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *